Rabu, 15 Oktober 2014

SILABUS kelas V



SILABUS PEMBELAJARAN INTEGRASI
Kelas                           : V
Tema1                         : Benda – Benda di Lingkungan Sekitar
Alokasi Waktu           : 1 Hari
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA
3.4     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar

1.      Mendeskripsikan sifat - sifat benda padat, cair, dan gas.

1.      Siswa diminta untuk mengamati gambar yang diberikan oleh guru.
2.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3.      Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
-          Anak – anak apa yang kamu lihat pada gambar?
-          Kursi itu termasuk benda apa?
-          Coba sebutkan benda – benda yang ada di ruangan kelas ini.
-          Apa yang kamu lihat pada gambar ini?
-          Didalam botol ini, termasuk benda apa?
-          Apa yang kamu lihat pada gambar?
-          Balon, di dalamnya terdapat benda apa?
4.      Siswa menjawab pertanyaan secara mandiri.
5.      Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
6.      Guru secara interaktif memberikan  contoh tentang wujud benda padat, cair, dan gas.
7.      Siswa mendemontrasikan sifat – sifat benda padat, cair, dan gas dengan dibantu oleh  penjelasan guru
1 Hari
-          Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Tema Benda – Benda di Lingkungan Sekitar. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Kelas 5
-          Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Tema Benda – Benda di Lingkungan Sekitar. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI. Kelas 5


Bahasa Indonesia
3.1  Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

1.      Menggali informasi dari bacaan tentan perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia

1.      Siswa diminta untuk membaca teks bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara, dan intonasi yang bervariasi.
2.      Siswa diminta memberikan pendapat tentang informasi penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.
3.      Siswa kemudian diminta untuk untuk menyebutkan benda – benda (padat, cair, dan gas) yang ada di dalam bacaan.
4.      Guru memberikan lembar kerja kepada siswa
5.      Siswa mengerjakan lembar kerja dengan bimbingan guru

Penilaian :
Tes tertulis : Penguasaan konsep wujud benda padat, cair, dan gas, serta mengetahui kosakata baku dan tidak baku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar