SILABUS
PEMBELAJARAN INTEGRASI
Kelas : V
Tema1 : Benda –
Benda di Lingkungan Sekitar
Alokasi
Waktu : 1 Hari
Mata Pelajaran
dan Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi
di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh
kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
|
1.
Mendeskripsikan sifat - sifat benda
padat, cair, dan gas.
|
1. Siswa diminta untuk mengamati
gambar yang diberikan oleh guru.
2. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat
diajukan:
-
Anak – anak apa yang kamu lihat pada gambar?
-
Kursi itu termasuk benda apa?
-
Coba sebutkan benda – benda yang ada di ruangan
kelas ini.
-
Apa yang kamu lihat pada gambar ini?
-
Didalam botol ini, termasuk benda apa?
-
Apa yang kamu lihat pada gambar?
-
Balon, di dalamnya terdapat benda apa?
4.
Siswa menjawab pertanyaan secara
mandiri.
5.
Guru mengkonfirmasi dan
mengapresiasi setiap jawaban siswa.
6. Guru
secara interaktif memberikan contoh
tentang wujud benda padat, cair, dan gas.
7. Siswa
mendemontrasikan sifat – sifat benda padat, cair, dan gas dengan dibantu
oleh penjelasan guru
|
1 Hari
|
-
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Tema
Benda – Benda di Lingkungan Sekitar. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Kelas 5
-
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. Tema
Benda – Benda di Lingkungan Sekitar. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Buku Guru
SD/MI. Kelas 5
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
|
1.
Menggali informasi dari bacaan
tentan perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
|
1.
Siswa diminta untuk membaca teks
bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara,
dan intonasi yang bervariasi.
2.
Siswa diminta memberikan pendapat
tentang informasi penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.
3.
Siswa kemudian diminta untuk untuk menyebutkan benda –
benda (padat, cair, dan gas) yang ada di dalam bacaan.
4.
Guru memberikan lembar kerja kepada siswa
5. Siswa
mengerjakan lembar kerja dengan bimbingan guru
Penilaian
:
Tes
tertulis : Penguasaan konsep wujud benda padat, cair, dan gas, serta
mengetahui kosakata baku dan tidak baku
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar