Rabu, 15 Oktober 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 TEMATIK

Nama Sekolah               :   SD Negeri 1 Demak
Kelas / Semester            :   IV ( Empat ) / II (Dua)
Tema / Subtema            :   Pahlawanku / Sikap Kepahlawanan
Pembelajaran ke            :   1
Alokasi Waktu              :   6 x 35 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekomomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat disekitarnya.
PPKn
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.

Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
C.    Indikator
IPS
3.1.1 Menjelaskan sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindhu, Budha, Islam melalui lini masa (C2)
4.1.1 Menjelaskan sikap kepahlawanan berdasarkan pertanyaan (C2)

PPKn
3.1.1 Mengkategorikan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila Pancasila (C2)
4.1.1 Menyebutkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sila Pancasila (C1)

Bahasa Indonesia
3.5.1 Menemukan informasi dari bacaan tentang perjuangan pahlawan (C4)
4.1.1 Menjelaskan isi bacaan berdasarkan pertanyaan (C2)

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menjelaskan 3 sikap kepahlawanan yang dimiliki raja-raja masa Hindhu, Buddha dan Islam melalui lini masa dengan benar.
2.    Siswa dapat  mengelompokkan 3 contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila Pancasila melalui diskusi dengan benar.
3.    Siswa dapat memberikan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan salah satu sila Pancasila melaluidiskusi dengan tepat.
4.    Siswa dapat menemukan paling sedikit 3 informasi tentang sikap kepahlawanan melalui membaca teks dengan baik.
5.    Siswa dapat menjelaskan sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh orang di sekitarnya melaui membaca teks dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, kerjasama, perhatian, rasa ingin tahu, aktif, kreatif, disiplin, menghargai, tanggung jawab, teliti.
E.     Alokasi Waktu
6 x 35 menit

F.     Materi Ajar
IPS                         : Teks bacaan Ki Hajar Dewantara dan Sultan Hasanuddin.
PPKn                     : Sikap kepahlawanan sesuai sila Pancasila.
Bahasa Indonesia   : Teks bacaan Pahlawan tanpa tanda jasa.

G. Metode Pengajaran
     - Ceramah
     - Tanya Jawab
     - Diskusi

H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Karakter
1.    Pendahuluan
a.    Guru mempersiapkan materi ajar, model/metode dan media.
b.   Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c.    Siswa memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
d.   Guru mempresensi siswa.
e.    Guru melakukan apersepsi : “ Dirumah siapa yang pernah membantu Ibu ? coba sebutkan membantu apa saja ? apakah sudah termasuk melakukan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari ?
f.    Guru memberi motivasi siswa : “ Sebelum memulai pelajaran, biar lebih semangat ayo bersama-sama menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.
g.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
(±20 menit)

Tanggung jawab
Religius

Religius

Disiplin
Rasa ingin tahu dan Perhatian


Kreatif




Tanggungjawab
2.  Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindu, Budha, Islam melalui lini masa.
b.    Guru menunjukkan gambar-gambar pahlawan.
c.    Kemudian guru membentuk siswa menjadi 2 kelompok.
d.   Siswa diberi bacaan tentang tokoh pahlawan, dan mendiskusikannya untuk mencari sikap pahlawan yang ada dibacaan dengan bantuan guru.
e.    Kemudian siswa diminta untuk memilih dan  menempelkan gambar tokoh pahlawan dan sikap kepahlawanannya sesuai bacaan yang di dapat.
f.     Setelah itu, guru menjelaskan kembali bahwa sikap kepahlawanan tidak hanya dimiliki oleh para tokoh pahlawan saja. Melainkan sikap sederhana kita dalam dalam kehidupan sehari-hari juga bisa disebut sikap kepahlawanan.
g.    Siswa menyebutkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sila Pancasila.
h.    Kemudian masih dalam kelompoknya siswa diminta untuk menempelkan ke papan sikap tentang contoh sikap kepahlawanan dan bukan contoh sikap kepahlawanan  dalam kehidupan sehari-hari.
i.        Guru menyampaikan kepada siswa bahwa apa yang dilakukan dalam gambar menunjukkan sikap kepahlawanan dan bukan sikap kepahlawanan, Kemudian guru menjelaskan sikap kepahlawanan tersebut termasuk dalam sila keberapa dalam pancasila.
j.        Kemudian guru memberi tahu tentang sikap kepahlawanan yang harus kita contoh yang sesuai sila pancasila.
k.      Siswa diberi materi berupa teks bacaan
pahlawan tanpa tanda jasa “.

l.        Siswa diminta untuk menemukan informasi dari bacaan “ Pahlawan tanpa tanda jasa”, dan menjelaskan isi bacaan tersebut.
m.    Siswa dan guru bertanya jawab membahas hal yang ingin diketahui siswa.
150 menit)

Rasa ingin tahu


kreatif
Aktif dan kreatif

Tanggungjawab,
Teliti


Aktif, kreatif dan kerjasama


Rasa ingin tahu




Kreatif, aktif, dan teliti

Kerjasama, aktif dan kreatif



Perhatian,
Disiplin




Rasa ingin tahu
Teliti, dan
Disiplin
Rasa ingin tahu, dan Tanggung jawab
Aktif


Aktif dan Kreatif
3.       Penutup
a.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.   Siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan lembar evaluasi.
c.    Guru menutup pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut berupa PR, menucapkan salam dan berdoa.
(±40 menit)

Disiplin

Tanggung jawab
Disiplin, kreatif, teliti
Disiplin
Perhatian
Religius



I.     Alat dan Sumber Belajar
Alat :
Teks bacaan Ki Hajar Dewantara dan Sultan Hasanuddin, gambar-gambar tokoh pahlawan,  sikap kepahlawanan sesuai sila Pancasila, teks bacaan Pahlawan tanpa tanda jasa.
Sumber :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Halaman 76-81.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI. Halaman 100-108.

J.    Penilaian
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan akhir
1.    Penilaian proses (menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi/kelompok.
2.    Penilaian akhir
Melalui penilaian tertulis dengan bentuk soal uraian (Individu).



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                            Guru Kelas IV



Angga Setiawan, S.Pd., M.Pd                                                     Diana Purbasari
NIP.                                                                                              NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar