RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama
Sekolah : SD Negeri 1 Demak
Kelas / Semester : IV ( Empat ) / II (Dua)
Tema
/ Subtema : Pahlawanku / Sikap Kepahlawanan
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi Waktu :
6 x 35 menit ( 1 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.
Kompetensi
Dasar
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek
keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu,
sosial, ekonomi, dan pendidikan.
4.1
Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar
ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekomomi, dan
pendidikan dalam lingkup masyarakat disekitarnya.
PPKn
3.1 Memahami makna dan
keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dari sudut
pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
Bahasa Indonesia
3.5
Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.5
Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
C.
Indikator
IPS
3.1.1
Menjelaskan sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindhu, Budha, Islam melalui
lini masa (C2)
4.1.1
Menjelaskan sikap kepahlawanan berdasarkan pertanyaan (C2)
PPKn
3.1.1
Mengkategorikan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari sesuai
dengan sila Pancasila (C2)
4.1.1
Menyebutkan contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sila
Pancasila (C1)
Bahasa Indonesia
3.5.1 Menemukan informasi dari bacaan
tentang perjuangan pahlawan (C4)
4.1.1 Menjelaskan isi bacaan berdasarkan
pertanyaan (C2)
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan 3 sikap kepahlawanan yang
dimiliki raja-raja masa Hindhu, Buddha dan Islam melalui lini masa dengan
benar.
2. Siswa dapat mengelompokkan 3 contoh sikap dalam kehidupan
sehari-hari sesuai dengan sila Pancasila melalui diskusi dengan benar.
3. Siswa dapat memberikan contoh sikap dalam kehidupan
sehari-hari yang mencerminkan salah satu sila Pancasila melaluidiskusi dengan
tepat.
4. Siswa dapat menemukan paling sedikit 3 informasi
tentang sikap kepahlawanan melalui membaca teks dengan baik.
5. Siswa dapat menjelaskan sikap kepahlawanan yang ditunjukkan
oleh orang di sekitarnya melaui membaca teks dengan benar.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Religius, kerjasama, perhatian, rasa ingin tahu,
aktif, kreatif, disiplin, menghargai, tanggung jawab, teliti.
E.
Alokasi
Waktu
6 x 35 menit
F.
Materi
Ajar
IPS : Teks bacaan Ki Hajar Dewantara dan Sultan
Hasanuddin.
PPKn :
Sikap kepahlawanan
sesuai sila Pancasila.
Bahasa Indonesia : Teks bacaan Pahlawan tanpa tanda jasa.
G.
Metode
Pengajaran
-
Ceramah
- Tanya Jawab
- Diskusi
H.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Karakter
|
1. Pendahuluan
a. Guru
mempersiapkan materi ajar, model/metode dan media.
b. Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c. Siswa
memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
d. Guru
mempresensi siswa.
e. Guru
melakukan apersepsi : “ Dirumah
siapa yang pernah membantu Ibu ? coba sebutkan membantu apa saja ? apakah
sudah termasuk melakukan sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari ?
f.
Guru memberi motivasi siswa : “ Sebelum memulai pelajaran, biar lebih semangat ayo bersama-sama menyanyikan
lagu Maju Tak Gentar.
g.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
|
(±20 menit)
|
Tanggung jawab
Religius
Religius
Disiplin
Rasa
ingin tahu dan Perhatian
Kreatif
Tanggungjawab
|
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru menjelaskan
sikap kepahlawanan raja-raja dari masa Hindu, Budha, Islam melalui lini masa.
b.
Guru
menunjukkan gambar-gambar pahlawan.
c.
Kemudian
guru membentuk siswa menjadi 2 kelompok.
d.
Siswa
diberi bacaan tentang tokoh pahlawan, dan mendiskusikannya untuk mencari
sikap pahlawan yang ada dibacaan dengan bantuan guru.
e.
Kemudian
siswa diminta untuk memilih dan
menempelkan gambar tokoh pahlawan dan sikap kepahlawanannya sesuai
bacaan yang di dapat.
f.
Setelah
itu, guru menjelaskan kembali bahwa sikap kepahlawanan tidak hanya dimiliki
oleh para tokoh pahlawan saja. Melainkan sikap sederhana kita dalam dalam
kehidupan sehari-hari juga bisa disebut sikap kepahlawanan.
g.
Siswa menyebutkan
contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sila Pancasila.
h.
Kemudian
masih dalam kelompoknya siswa diminta untuk menempelkan ke papan sikap
tentang contoh sikap kepahlawanan dan bukan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
i.
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa apa yang dilakukan dalam gambar menunjukkan sikap
kepahlawanan dan bukan sikap
kepahlawanan, Kemudian guru menjelaskan sikap kepahlawanan tersebut termasuk dalam
sila keberapa dalam pancasila.
j.
Kemudian
guru memberi tahu tentang sikap kepahlawanan yang harus kita contoh yang
sesuai sila pancasila.
k.
Siswa diberi materi
berupa teks bacaan
“ pahlawan tanpa tanda jasa “.
l.
Siswa diminta untuk
menemukan informasi dari bacaan “ Pahlawan tanpa tanda jasa”, dan menjelaskan
isi bacaan tersebut.
m.
Siswa dan guru
bertanya jawab membahas hal yang ingin diketahui siswa.
|
(±150
menit)
|
Rasa
ingin tahu
kreatif
Aktif
dan kreatif
Tanggungjawab,
Teliti
Aktif, kreatif dan kerjasama
Rasa
ingin tahu
Kreatif,
aktif, dan teliti
Kerjasama, aktif dan kreatif
Perhatian,
Disiplin
Rasa
ingin tahu
Teliti,
dan
Disiplin
Rasa
ingin tahu, dan Tanggung jawab
Aktif
Aktif dan Kreatif
|
3. Penutup
a. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Siswa
diberi kesempatan untuk mengerjakan lembar evaluasi.
c. Guru
menutup pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut berupa PR, menucapkan salam dan
berdoa.
|
(±40 menit)
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Disiplin,
kreatif, teliti
Disiplin
Perhatian
Religius
|
I. Alat dan Sumber Belajar
Alat :
Teks bacaan Ki Hajar Dewantara dan Sultan
Hasanuddin, gambar-gambar tokoh
pahlawan, sikap kepahlawanan sesuai sila Pancasila, teks
bacaan Pahlawan tanpa tanda jasa.
Sumber
:
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa
SD/MI. Halaman 76-81.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Pahlawanku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru
SD/MI. Halaman 100-108.
J.
Penilaian
Prosedur
penilaian : Penilaian proses dan akhir
1. Penilaian
proses (menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian
aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi/kelompok.
2. Penilaian
akhir
Melalui penilaian
tertulis dengan bentuk soal uraian (Individu).
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
Angga Setiawan, S.Pd., M.Pd Diana Purbasari
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar