RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Rejosari 1
Kelas / Semester : V /1
Tema 1 : Benda – Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1 : Wujud Benda dan Cirinya
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan
yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan
pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan sekitar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
C. Indikator
IPA
1.
Mendeskripsikan sifat - sifat benda
padat, cair, dan gas.
Bahasa Indonesia
1.
Menggali informasi dari bacaan tentang
perubahan wujud benda yang terjadi karena kegiatan manusia
D. Tujuan Pembelajaran
Ø
Dengan mengamati gambar serta
menganalisis gambar dengan seksama siswa dapat memahami tema
yang akan dipelajari
dengan teliti.
Ø
Dengan
mengamati gambar dengan
seksama siswa dapat
mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan tema
yang sedang dipelajari
dengan cermat dan
teliti.
Ø
Dengan melakukan percobaan untuk
menguji perubahan wujud benda dengan sistematis dan penuh rasa ingin tahu siswa
dapat mengetahui dan menjelaskan wujud dan sifat benda serta
perubahan wujudnya dengan
pemikiran logis dengan
cermat dan teliti.
Ø
Dengan
melakukan percobaan secara
mandiri siswa dapat
membuat kesimpulan pengamatan
sederhana secara sistematis
dan komunikatif.
Ø
Siswa dapat mempresentasikan hasil
laporan pengamatan dengan sikap percaya diri.
Ø
Dengan
membaca teks dengan
seksama siswa dapat
menuliskan kembali informasi penting dari bacaan dan memberikan
pendapat yang logis tentang teks bacaan yang telah dibaca
dengan sikap penuh
percaya diri.
E. Alokasi Waktu
6 x 35 menit
F. Materi Pembelajaran
IPA :
Gambar tentang wujud benda
Bahasa Indonesia : Teks bacaan
G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Strategi :
Cooperativ Learning
3. Teknik :
Example Non Example
4. Metode :
Ceramah,
Diskusi,
Tanya jawab,
Penugasan
Pendidikan Karakter
Pendidikan
karakter yang diharapkan :
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
-
Toleransi
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
·
Guru mengucapkan salam
·
Mengkondisikan kelas pada situasi belajar
·
Berdoa, Mengisi daftar kelas, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis dan membaca
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru memotivasi dan mengajak
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
|
1 hari
|
Kegiatan Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa diminta untuk mengamati
gambar yang diberikan oleh guru.
2. Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat
diajukan:
-
Anak – anak apa yang kamu lihat pada gambar?
-
Kursi itu termasuk benda apa?
-
Coba sebutkan benda – benda yang ada di ruangan
kelas ini.
-
Apa yang kamu lihat pada gambar ini?
-
Didalam botol ini, termasuk benda apa?
-
Apa yang kamu lihat pada gambar?
-
Balon, di dalamnya terdapat benda apa?
4.
Siswa menjawab pertanyaan secara
mandiri.
5.
Guru mengkonfirmasi dan
mengapresiasi setiap jawaban siswa.
6. Guru
secara interaktif memberikan contoh
tentang wujud benda padat, cair, dan gas.
7. Siswa
mendemontrasikan sifat – sifat benda padat, cair, dan gas dengan dibantu
oleh penjelasan guru
Langkah – Langkah Kegiatan :
1.
Siswa diminta untuk membaca teks
bacaan secara bergantian dengan memperhatikan kejelasan lafal, volume suara,
dan intonasi yang bervariasi.
2.
Siswa diminta memberikan pendapat
tentang informasi penting/pesan yang ada dalam bacaan tersebut.
3.
Siswa kemudian diminta untuk untuk menyebutkan benda –
benda (padat, cair, dan gas) yang ada di dalam bacaan.
4.
Guru memberikan lembar kerja kepada siswa
5.
Siswa mengerjakan lembar kerja dengan bimbingan guru
|
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2. Guru memberikan kesempatan kepada
beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
3. Guru melakukan penilaian.
4. Guru menyampaikan pesan moral
kepada siswa untuk senantiasa mengucapkan terima kasih kepada teman yang
sudah menolong.
|
|
I. Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat :
-
Gambar wujud benda
padat, cair, dan gas
-
Mangkuk
-
Batu
-
Tempat minum
-
Balon
-
Gelas
2.
Sumber :
-
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014.
Tema Benda – Benda di Lingkungan Sekitar.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Kelas 5
-
Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014.
Tema Benda – Benda di Lingkungan Sekitar.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru
SD/MI. Kelas 5
J. Penilaian
Prosedur
penilaian : Penilaian proses dan akhir
1.
Penilaian proses
(menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian
aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi.
2.
Penilaian akhir
Melalui penilaian
tertulis dengan bentuk soal isian (Individu).
Semarang, 25 September 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Kelas V
Supriyati,
S.Pd.,M.Pd Diana Purbasari
NIP.
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar